RPM (Redhat Package Manager)

RPM adalah aplikasi yang memaketkan program untuk didistribusikan ke Dalam bentuk biner. Mungkin anda bisa membayangkan seperti setup.exe, atau install.exe (file biner yang didalamnya berisi program untuk melakukan installasi) di windows. Analoginya, RPM adalah program yang membuat file exe tersebut. Pada saat diinstall, RPM memastikan bahwa program, dokumentasi dan konfigurasi akan berada di direktorinya masing-masing dan siap dijalankan.

RPM telah banyak digunakan di distribusi Linux sebagai standar pemaketan aplikasi dalam bentuk biner. Feature yang kaya dengan pengembangan yang konsisten, merupakan nilai lebih untuk RPM.

RPM pertama kali dikembangkan oleh Redhat dengan nama RPP (generasi awal), kemudian digabung dengan program PMS buatan “Rik Faith”. Penggabungan ini menghasilkan manajer paket generasi ke 2 dengan nama PM. Pada generasi ke 3 PM dilanjutkan pengembangannya oleh Erik Troan dan Marc Ewing, menghasilkan RPM generasi 1 yang dibuat dengan bahasa Perl, dengan alasan kecepatan pengembangan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: